Breaking News

Jumat, 10 April 2015

Meriahnya MTQ ke - XI di Perbatasan RI – Malaysia

SEBATIK - Bupati Nunukan Haji Basri, Sabtu malam (28/3/2015), membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an ke - XI Tingkat Kabupaten Nunukan yang dilaksanakan di Kecamatan Sebatik Timur. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Nunukan Hj. Asmah Gani, Dandim 0911 Nunukan Letkol Inf. Tagor Rio Pasaribu, Kabag Ren Polres Nunukan Kompol Sumarwanta, Wakil Ketua DPRD Nunukan Hj. Nursan, anggota DPRD Kalimantan Utara H. Andi Kasim, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Nunukan H. M. Shaberah, Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Daerah Nunukan, Camat se - Kabupaten Nunukan, unsur Muspika se - Pulau Sebatik, tokoh masyarakat pulau Sebatik, Dewan Hakim, Panitia MTQ, Tim Kerja, ratusan Kafilah peserta MTQ ke - XI tingkat Kabupaten Nunukan dan ribuan masyarakat Pulau Sebatik yang hadir memenuhi lapangan MA YIIPS Desa Tanjung Aru Kecamatan Sebatik Timur sebagai tempat digelarnya MTQ ke - XI. Dalam MTQ ke - XI sebanyak 13 Kecamatan yang ikut berpartisipasi dengan jumlah peserta sebanyak 518 orang.
Adapun acara pembukaan MTQ diawali dengan  defile seluruh peserta dengan barisan pembuka Marching Band Gita Bahana Aliyah MA YIIPS berkekuatan 27 orang, kemudian barisan peserta diantaranya Kafilah Kecamatan Nunukan berjumlah 45 orang dengan Camat Umboro Hadisusino, Kafilah Kecamatan Sebuku berjumlah 48 orang dengan Camat H. Amir, Kafilah Kecamatan Sebatik Barat berjumlah 40 orang dengan Camat H. Haini, Kafilah Kecamatan Nunukan Selatan berjumlah 45 orang dengan Camat Faridah Aryani, Kafilah Kecamatan Tulin Onsoi berjumlah 46 orang dengan Camat Santipil Oslo, Kafilah Kecamatan Sebatik Tengah berjumlah 35 orang dengan Camat Harman. Selanjutnya Kafilah Kecamatan Seimenggaris berjumlah 32 orang dengan Camat Anwar Said, Kafilah Kecamatan Sebatik Utara berjumlah 35 orang dengan Camat Simon Salempang, Kafilah Kecamatan Sembakung berjumlah 45 orang dengan Camat Iskandar, Kafilah Kecamatan Sebatik berjumlah 35 orang dengan Camat H. Muhammad Sufyang, Kafilah Kecamatan Sembakung Atulai 45 orang dengan Camat H. Sura'i , Kafilah Kecamatan Lumbis berjumlah 35 orang dengan Camat H. Ramli dan Kafilah tuan rumah Kecamatan Sebatik Timur berjumlah 36 orang dengan Camat Baharuddin. Usai defile dilanjutkan dengan tarian kolosal yang dipersembahkan oleh ratusan anggota Pramuka se - Pulau Sebatik
Camat Sebatik Timur Baharuddin menjelaskan bahwa MTQ ke - XI tingkat Kabupaten Nunukan dilaksanakan sejak tanggal 28 Maret s.d 1 April 2015 dengan memperlombakan 7 cabang diantaranya cabang Tilawah Al - Qur'an, cabang Hifzhil Al - Qur'an, cabang Tafsir Al - Qur'an, cabang Fahmil Al - Qur'an, cabang Syahril Al - Qur'an, cabang Khath Al - Qur'an dan cabang Muqalah Al - Qur'an (MMQ).
Kemudian arena MTQ dilaksanakan di 5 arena dengan arena utama dikompleks MA. YIIPS, masjid Al - Falah, kompleks MI. AS - Adiyah dan TK/RA YIIPS Sebatik Timur sedangkan pemondokan kafilah, tim kerja dan dewan hakim ditempatkan dirumah masyarakat yang tersebar di desa Bukit Aru. Indah, desa Tanjung Aru, desa Tanjung Harapan dan desa Sei. Nyamuk.
Sementara itu Bupati Nunukan H. Basri ketika memberikan sambutan mengucapkan selamat datang kepada kafilah dari seluruh Kecamatan dan mengingatkan kepada peserta untuk meraih prestasi terbaik tetapi jauh lebih daripada itu untuk memperoleh berkah dan keridhaan Allah SWT dalam setiap upaya untuk mempelajari, membaca dan mengamalkan nilai - nilai ajaran kitab Al - Qur'an. Selanjutnya, mengajak kepada seluruh masyarakat yang hadir  untuk merenungkan kembali terhadap makna yang terkandung kitab suci Al - Qur'an, utamanya yang menyangkut pembangunan akhlak dalam rangka mewujudkan masyarakat islam yang agamis dalam kehidupan bermasyarakat.
"Al - Qur'an sebagai pedoman hidup kita, merupakan landasan dasar bagi setiap sendi peri kehidupan kita. Sebagaimana disebutkan bahwa Al - Qur'an juga merupakan akhlak baginda Rasulullah Muhammad SAW," ucapnya.
Oleh karena itu, Bupati mengharapkan melalui MTQ ke - XI untuk bersama - sama meningkatkan pengamalan nilai - nilai ajaran Al - Qur'an dalam kehidupan sehari - hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By